Monday, January 23, 2012

Semua Gara-gara Rayap!

Amat sangat terkejut ketika mengambil kardus berisi susu bubuk dari dalam lemari, ternyata banyak binatang kecil, lunak, berwarna putih pada bagian badan, dan coklat pada bagian kepala. AAAAAAAHHHHHH!!! Menggelikan, seperti melihat belatung versi kecil. Euuuwww! Tidak hanya itu, binatang ini meninggalkan banyak kotoran berwarna coklat pada kardus yang saya ambil. Perasaan jijik dan geli itu terus terbayang. Niat awal ingin membuat susu pun jadi tertunda. Bagaimana bisa minum susu kalau yang terbayang adalah binatang-binatang itu?~

Oke, markisel! Mari kita selidiki dari mana asal binatang yang ternyata memiliki nama rayap itu. Setelah mengobrak-abrik lemari, tepatnya di tempat kardus tadi disimpan (menarik napas dalam, dengan slow motion menggeser barang yang ada), banyak sekali rayap berkerumun. Betapa MENGGELIKAN jenis binatang seperti ini. Tanpa berpikir panjang, saya segera mengeluarkan lemari. Hmm, semua isi lemari! Keadaan ini membuat kamar saya seperti kamar pecah, seperti baru mengungsi dari suatu tempat.

Berikut ini adalah akibat yang dihasilkan dari ulah rayap:

Penampakan rayap yang ada di dalam lemari (dalam lingkaran merah)

Motif cantik di dinding lemari bagian dalam, yang mungkin saya sendiri tidak bisa membuatnya :p

Cukup parah kelakuan mereka. ckckck. Sebenarnya siapa sih mereka? The answer is termite! hhaha. Bukan itu maksudnya, kita bahas tentang mereka saja yuks. Supaya lebih dekat dengan mereka. (Zzzz)

Rayap merupakan hewan yang terkadang disebut sebagai semut putih. Kenapa? Karena warnanya yang putih. Dalam bahasa inggris disebut termite. Hewan ini termasuk dalam ordo Isoptera yang berasal dari bahasa Yunani, iso berarti 'sama' dan ptera berarti 'sayap'. Arti seutuhnya adalah bentuk, ukuran dan susunan vena yang sama pada keempat sayap.

Klasifikasi:
- Kingdom: Animalia
- Phyllum: Arthropoda
- Class: Insecta
- Order: Isoptera

Nah, famili dari Isoptera ini ternyata bermacam-macam, jadi ada banyak jenis rayap. Setelah dicocokkan (bagian ini sangat membuat merinding melihat gambar banyak rayap), rayap yang menjadi tersangka utama di atas adalah dari genus Coptotermes. 

Menurut Termite Web genus ini merupakan genus rayap yang paling terkenal buruknya di dunia. Kenapa?  Karena Coptotermes dapat bertahan pada lingkungan urban di mana kebanyakan spesies rayap lainnya tidak dapat bertahan, dan juga bertahan dalam rentang yang luas dari tipe tanah. Pada ketiadaan kompetisi ini, mereka secara alami berproliferasi. Hebat! Hebat!

Ada banyak spesies dari genus ini, namun perbedaannya sangat kecil, hanya bisa diketahui setelah dilakukan pemeriksaan secara mikroskopik. Dari total 48 spesies yang diketahui, 23 berasal dari Asia. Tidak semua spesies bersifat destruktif, dan tidak masuk ke dalam bangunan, tapi jika iya, mereka akan lebih ganas dari spesies rayap lainnya. 

Dalam hal ini, koloni tunggal dapat mengurangi komponen kayu dari semua blok rumah menjadi kerangka hanya dalam waktu beberapa tahun. Mereka juga dapat merusak plastik, busa, tembaga, aspal untuk mendapatkan makanan mereka, yang tidak hanya terdiri dari kayu, tetapi juga kertas, kardus atau lainnya yang sedikit mengandung selulosa. Oh my, oh my!! Ganasnya!

Mau lihat penampakan mereka dari dekat? Begini lah rupa mereka:

(Above) Formosan termites (Coptotermes formosanus). Photo credit: USDA
Sekumpulan Rayap Spesies Coptotermes sp.

Atas: tipe worker; Bawah: tipe soldier

Enough talking about termites, I'm sick of them. Hate them so much! Wanna know further? Go check links below. Hohoho


Hope it will be useful to you! Ciao ciao~


-nothing's good about cucumber-